Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507Abstract
Pendidikan Taman Kanak Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu potensi yang harus dikembangkan sejak dini adalah keterampilan berkecakapan bicara, baca, tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangakan model ATIK dalam meningkatkan kecakapan berbicara anak dengan kegiatan menyusun puzzle gambar seri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru TK Dharma Wanita Persatuan Kec. Sangkapura Kab. Gresik dengan menggunakan Model Kemmis dan Mc.Taggart. berdasarkan Hasil penelitian dan pengembangan maka model ATIK sangat efektif Untuk Meningkatkan Kecakapan bicara Anak Dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri.