Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan

Authors

  • Rabiatul Adawiyah Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507

Abstract

Pendidikan Taman Kanak Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.  Salah satu potensi yang harus dikembangkan sejak dini adalah keterampilan berkecakapan bicara, baca, tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangakan model ATIK dalam meningkatkan kecakapan berbicara anak dengan kegiatan menyusun puzzle gambar seri. Metode yang digunakan dalam  penelitian  ini adalah  metode  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK) Guru TK Dharma Wanita Persatuan Kec. Sangkapura Kab. Gresik dengan menggunakan Model Kemmis dan Mc.Taggart. berdasarkan Hasil penelitian  dan  pengembangan  maka model ATIK sangat efektif Untuk Meningkatkan Kecakapan bicara Anak Dengan  Kegiatan  Menyusun Puzzle Gambar Seri.

Published

2022-03-13

How to Cite

Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883-887. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507