Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran

Authors

  • Catheriena Rosmauli Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

Abstract

Kegiatan menggambar merupakan salah satu aktivitas yang sering dipilih anak usia dibawah enam tahun tahun dan dapat mengembangkan kemampuan kognitif berfikir logis anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan dan mempraktekkan model ATIK dalam memaksimalkan kemampuan kognitif, berfikir logis dalam kegiatan menggambar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi . Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi display dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan observasi maka metode ATIK, efektif dalam mengembangkan potensi kekuatan berpikir logis anak usia dini melalui kegiatan menggambar dengan objek benda disekitarnya.

Published

2022-03-15

How to Cite

Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888-894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510