Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Fitriani Fitriani Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Sutaryat Trisnamansyah Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Husen Saeful Insan Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.514

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan analisis tentang manajemen penyelenggaraan pendidikan inklusi dalam meningkatkan mutu layanan peserta didik berkebutuhan khusus berdasar aspek-aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, hambatan, dan solusi. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan kegiatan pendidikan inklusi yang dituangkan dalam RPP umum yang kemudian dimodifikasi/disesuaikan dengan kemampuan masing-masing ABK, 2) dalam penentuan struktur organisasi di Sekolah ini dibuat sesuai aturan yang ditetapkan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi, 3) pelaksanaan pendidikan inklusi diimplementasikan dalam RPP dengan melihat dari peserta didik berkebutuhan khusus dalam bentuk penyesuaian dalam capaian pembelajaran, 4) pengawasan penyelenggaraan pendidikan inklusi secara umum dilakukan pada proses, dan program yang dilakukan setahun dua kali oleh kepala madrasah dan pengawas madrasah, 5) hambatan yang dihadapi yakni belum ada Guru Pendamping Khusus (GPK), dan 6) solusi penyelenggaraan pendidikan inklusi yang dilakukan yakni secara khusus dengan mendatangkan tim ahli untuk memberikan masukan kepada guru-guru, bisa dalam bentuk seminar, pelatihan, workshop dan sebagainya.

Published

2022-03-19

How to Cite

Fitriani, F., Trisnamansyah, S. ., & Insan, H. . S. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 929-938. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.514