Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning (SRL) dengan Model Project Based Learning (PJBL) pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto

Authors

  • Ikke Wulan Puji Lestari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Muchlas Samani Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Euis Ismayati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat pembelajaran teknik pemesinan CNC berbasis Self Regulated Learning (SRL) dengan model Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas XI TPM di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangankan perangkat pembelajaran CNC berbasis self regulated learning (SRL) dengan model project based learning (PjBL) beserta perangkat pendukungnya (RPP, Modul Pembelajaran, LKS, dan lembar penilaian SRL) mengacu pada model pengembangan menurut Borg dan Gall (1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dan reliabilitas yang memadai, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kepraktisan perangkat pembelajaran ini dinilai sangat baik berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian positif dari guru serta respon siswa. Efektivitas pembelajaran CNC berbasis SRL dengan model PjBL dalam meningkatkan kemampuan SRL siswa berada pada kategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,58. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan pada rata-rata kemampuan SRL siswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL berbasis SRL.

Published

2024-08-06

How to Cite

Lestari, I. W. P. ., Samani, M. ., Ismayati, E. ., & Rijanto, T. . (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning (SRL) dengan Model Project Based Learning (PJBL) pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8822-8830. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5146