Implementasi “Reward Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman

Authors

  • Arianty Arianty Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515

Abstract

Motivasi belajar dalam bentuk penghargaan mempunyai peranan yang penting dalam menumbuhkan gairah, merasa senang dan semangat untuk belajar. Anak yang memiliki motivasi kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar sebaliknya anak yang memiliki intelegensia cukup tinggi bisa gagal karena kurangnya motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak melalui metode “Reward Asyik”.  Metode “Reward Asyik” merupakan inovasi pembelajaran model baru, yang dikembangkan oleh Watini yang telah mendapat hak patent karya cipta dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Dalam “Reward Asyik” diharapkan mampu memberikan motivasi atau semangat dalam belajar anak berupa kata-kata “Aku Bisa, Aku Hebat, Aku Berhasil. Yess !!. Pemberian “Reward Asyik” digunakan peneliti pada Kelompok B usia di 5-6 Tahun dengan jumlah peserta didik 25 anak. “Reward Asyik” digunakan setelah anak selesai mengerjakan tugas dengan terlebih dahulu guru mengatakan “katakan” kemudian anak didik menyahut sambil menunjuk ke dirinya “Aku Hebat, Aku Bisa, Aku Berhasil, Yes!!. Dari pengamatan peneliti disimpulkan ternyata pemberian “Reward Asyik” sangat membuat anak senang dan bersemangat.

Published

2022-03-19

How to Cite

Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939-944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515