Implementasi Kurikulum dan Genre-Based Approach terhadap Pendidikan Karakter

Authors

  • Rudiyana Rudiyana STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia
  • Diah Widiawati STIT Rakeyang Santang Karawang, Indonesia
  • Irena Laras STIT Rakeyang Santang Karawang, Indonesia
  • Saepudin Saepudin STIT Rakeyang Santang Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.521

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang kajian terhadap implementasi kurikulum dan genre-based approach terhadap pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan alokasi jam pelajaran untuk bahasa Inggris tidaklah selaras dengan jumlah kompetensi dasar yang harus peserta didik kuasai, sehingga berpengaruh pada tingkat kecakapan akademis dan tingkat kecakapan karakter individu. Hal ini berdasarkan sensus statistik dari kemendikbud dan survey yang dilakukan. Jawaban dari permasalahan pertama dan kedua adalah dengan cara mengembalikan alokasi jam mengajar sebanyak 4 JP/minggu. Dengan hal ini dapat mewujudkan tahapan dalam proses mentransfer ilmu bahasa Inggris diperlukan alokasi waktu yang sama seperti halnya mata pelajaran wajib lainnya yang di ujikan secara nasional. Dengan menghilangkan beberapa tahapan dalam mengajar, maka dapat dipastikan terjadinya ketidaksinergisan antara proses akademis dan proses pendidikan karakter. Singkatnya, bagaimana bisa pendidikan karakter ditanamkan apabila guru berkecenderungan mengefektifkan proses mengajarnya dengan cara menghilangkan satu atau beberapa tahapan dari proses kegiatan belajar mengajar karena alokasi waktu yang diberikan hanya 2 JP/minggu.

Published

2022-03-28

How to Cite

Rudiyana, R., Widiawati, D. ., Laras, I. ., & Saepudin, S. (2022). Implementasi Kurikulum dan Genre-Based Approach terhadap Pendidikan Karakter. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 951-959. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.521