Pendidikan Islam Multikultural: Analisis Histori Pendidikan pada Masa Khalifah Almakmun

Authors

  • Muhammad Fahreza Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ahmad Nurul Kawakib Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Mohammad Asrori Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5353

Abstract

Multikulturalisme berarti mengakui keragaman dalam masyarakat. Indonesia adalah negara yang memiliki populasi yang beragam dari segi budaya, etnis, dan agama. Namun, tampaknya orang-orang di negara itu kurang menyadari dan mampu mengatasi keragaman tersebut. Oleh karena itu, konflik dengan latar belakang perbedaan sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari konsep dasar pendidikan multikultural melalui analisis sejarah Dinasti Abbasiyah. Selain itu, penelitian ini mengkaji model pendidikan Islam multikultural yang dapat diteladani dan diterapkan di zaman sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif berbentuk Studi menunjukkan bahwa multikulturalisme pada masa Dinasti Abbasiyah mulai berkembang karena khalifahnya terbuka untuk keragaman, terutama pada masa Harun al-Rasyid dan al-Ma'mun. Pendidikan Islam multikultural diterapkan di luar lembaga Bayt al-Hikmah dan umum, sedangkan di dalamnya diterapkan secara khusus dan eksternal. Penelitian ini juga menemukan bahwa multikulturalisme mulai berkembang selama Dinasti Abbasiyah. Hal ini disebabkan oleh peran masyarakat dan keterbukaan khalifah terhadap kebudayaan non-Arab. Selain itu, pendidikan Islam yang multikultural selama Dinasti Abbasiyah, yang mencakup unsur kelembagaan, guru, dan pendekatan, terbukti berhasil menanamkan nilai multikultural dan membawa Islam ke puncak kejayaan.

Published

2024-09-01

How to Cite

Fahreza, M. ., Kawakib, A. N. ., & Asrori, M. . (2024). Pendidikan Islam Multikultural: Analisis Histori Pendidikan pada Masa Khalifah Almakmun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9661-9665. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5353