Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPAS Materi Letak Geografis Wilayah Indonesia Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5473Abstract
Penelitian dan pengembangan dilatar belakangi hasil observasi yang menunjukkan bahwa LKPD yang ada pada saat ini masih konvesional yaitu menggunakan LKPD berbasis cetak sehingga kurang menarik bagi peserta didik. Hal ini juga kurang sesuai dengan perkembangan zaman sekarang yang seharusnya dapat membuat LKPD yang interaktif dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, keefektifan dari E-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada kelas V SD. Metode penelitian yang dilakukan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang memeliki tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis liveworksheet memiliki kelayakan untuk digunakan dengan perolehan presentase ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 84% dengan kategori layak, dan ahli praktisi sebesar 98% dengan kategori sangat layak. E-LKPD berbasis liveworksheet ini juga praktis untuk digunakan berdasarkan hasil respon peserta didik sebesar 91% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan dari E-LKPD berbasis liveworksheet memperoleh presentase sebesar 61,20% dengan kategori cukup efektif.