Pengembangan Media Pembelajaran Sepakbola Siswa Sekolah Dasar Berbasis Short Book Learning

Authors

  • Paulus Regen IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Muhammad Suhairi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Nevi Hardika IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sepakbola siswa sekolah dasar berbasis Short Book Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian R & D dengan model ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tempat penelitian berada di Sekolah Dasar Negeri Nomor 26 Mondi, Sekolah Dasar Negeri Nomor 23 Sungai Agung, dan Sekolah Dasar Negeri Nomor 34 Sengiang Gurung, Desa Mondi, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dari validasi ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan angket respon siswa media pembelajaran berbasis Short Book Learning sangat efektif digunakan. Berdasarkan pretest dan postest terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis Short Book Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2024-09-04

How to Cite

Regen, P., Suhairi, M., & Hardika, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Sepakbola Siswa Sekolah Dasar Berbasis Short Book Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10599-10607. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5538