Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Trivinia Tanjung Universitas Riau, Indonesia
  • Charlina Charlina Universitas Riau, Indonesia
  • Hermandra Hermandra Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis struktur dan kemampuan menggunakan kaidah kebahasaan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C (19 orang) dan VIII D (17 orang) dengan jumlah sampel 36 orang. Teknik pengambilan sampel, yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes keterampilan menulis. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kemampuan menulis teks persuasi siswa dari aspek struktur diperoleh persentase 85 yang merupakan berkategori tinggi. Selanjutnya, kemampuan menulis teks persuasi siswa dari aspek kaidah kebahasaan diperoleh persentase 90 yang merupakan berkategori tinggi. Jadi, kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Tahfizh Cendekia memeroleh nilai rata-rata kelas berkategori tinggi yaitu 86.

Published

2024-07-25

How to Cite

Tanjung, T. ., Charlina, C., & Hermandra, H. (2024). Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7660-7665. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5566