Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Materi Analisis Kadar Air

Authors

  • Dhalia Kusumaningrum Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  pada materi Analisis Kadar Air. Problem Based Learning  adalah model pembelajaran yang prosesnya memerlukan pemikiran kritis dan kreatif untuk mencari solusi dalam pemecahan masalah. Diskusi yang dilakukan oleh peserta didik bertujuan untuk memecahkan masalah yang dirumuskan tentang materi Analisis Kadar Air yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “pretest-postest desaign”. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan ketuntasan belajar peserta didik melalui tes hasil belajar setelah berlangsungnya pembelajaran. analisis data secara deskriptif kuantitatif dan diberi makna secara kualitatif. Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada setiap pertemuannya didapatkan hasil, pertemuan I sebesar 70%, pada pertemuan II sebesar 83,3% dan pada pertemuan III sebesar 96,7%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal saat pembelajaran.

Published

2024-09-06

How to Cite

Kusumaningrum, D. . (2024). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Materi Analisis Kadar Air. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10939-10942. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5659