Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Pendidik dengan Kinerja Pendidik (Survey di Yayasan Pendidikan Islam Dian Didaktika Cinere Kota Depok)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.573Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional, kompetensi dan kinerja. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Pendidikan Islam Didaktika Cinere Dian Depok, dengan n-41 responden, penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, penelitian dengan pendekatan kuantitatif, Pendekatan kuantitatif ini dilakukan pada penelitian inferen-sial (dalam rangka pengujian hipotesa) dan menyadarkan kesimpulan hasilnya pada suatu probabilitas kesalahan penolakan hipotesis nihil dengan metode kuantitatif akan diperoleh signifikansi perbedaan kelompok atau signifikan-si hubungan antar variabel yang diteliti. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Kegiatan penelitian ini dapat dikatakan merupa-kan upaya untuk menggambarkan beberapa variabel yang menyangkut hubungan yang terjadi berkaitan dengan aktivitas pendidik dalam menjalankan tugasnya di yayasan pendidikan Islam Dian Didaktika Cinere Depok. Variabel-variabel yang dimaksud tersebut yakni kece-rdasan emosional pendidik, kompetensi pendidik dan kinerja pendidik. Alat ukur (instrumen) yang digunakan untuk variabel yang diteliti untuk kinerja Pendidik dan kecerdasan emosional Pendidik adalah angket yaitu berupa daftar pert-anyaan atau pernyataan yang diberikan kepada orang lain dan orang lain tersebut bersedia memberikan respon sesuai permintaan pengg-una (peneliti). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru, (2) terdapat hubungan antara kompetensi guru dengan kinerja guru, (3) terdapat hubungan antara dua variabel bebas kecerdasan emosional dan kinerja guru, kompetensi guru) dan kinerja guru.