Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter pada Sekolah dan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.578Abstract
Karakter siswa sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena karakter sisiwa merupakan segi-segi latar belakang pengalaman sisiwa yang berpengaruh terhadap keefektifan proses belajar sehingga karakter tersebut sangat mempengaruhi keefektifan dalam proses pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kebijakan berbasis karakter siswa disekolah/ madrasah. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif pendekatan studi dokumen/teks. Jenis peneltan ini menggunakan deskrptif kualitatif, metode ini dipilih karena lebih mudah menghadap kenyataan, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan peneliti dan informan, diserta metode ini lebih peka dan dapat menyesuakan diri dengan banyak penajaman pengaruh Bersama terhadap nilai-nilai yang dihadapi. Serta metode ini bertujuan untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data dari hasil penelitian tersebut.