Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter pada Sekolah dan Madrasah

Authors

  • Rizky Nurfitri Lestari Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Nyayu Khodijah Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Ermis Suryana Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.578

Abstract

Karakter siswa sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena karakter sisiwa merupakan segi-segi latar belakang pengalaman sisiwa yang berpengaruh terhadap keefektifan proses belajar sehingga karakter tersebut sangat mempengaruhi keefektifan dalam proses pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kebijakan berbasis karakter siswa disekolah/ madrasah. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif pendekatan studi dokumen/teks. Jenis peneltan ini menggunakan deskrptif kualitatif, metode ini dipilih karena lebih mudah menghadap kenyataan, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan peneliti dan informan, diserta metode ini lebih peka dan dapat menyesuakan diri dengan banyak penajaman pengaruh Bersama terhadap nilai-nilai yang dihadapi. Serta metode ini bertujuan untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data dari hasil penelitian tersebut.

Published

2022-05-11

How to Cite

Lestari, R. N., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter pada Sekolah dan Madrasah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1418-1424. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.578