9 PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF SISWA SD NEGERI 7 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
1. Alfani, 2. Ardiansyah
Abstract
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui permainan kartu huruf di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SD Negeri 7 Hu’u Kabupaten Dompu pada bulan Agustus 2019. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa kelas 1 tahun pembelajaran 2019/2020. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi dan berupa catatan-catatan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara memaparkan hasil pengamatan yang tujuannya untuk mengetahui prosentase kualitas siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan membaca siswa melalui metode permainan kartu huruf diperoleh rata- rata aktivitas guru sebesar 61,5% pada siklus I, pada siklus II meningkat 69,2% dan siklus III 76,9%. Sedangkan aktivitas anak sebesar 55,5% pada siklus I, pada siklus II 66,6% dan pada siklus III mencapai 77,7%. Peningkatan kemampuan membaca anak dalam pencapaian indikator rata-rata sebesar 44,4% pada siklus I .pada siklus II meningkat 66.6%. sedangkan siklus III diperoleh peningkatan yang cukup signifikan yaitu skor rata- rata mencapai 77,7 %. Hasil penelitian ini menunjukkan penigkatan kemampuan membaca siswa melalui metode permainan kartu huruf pada kelas 1 SD Negeri 7 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020 sangat efektif.