10 PENGARUH KEDISPLINAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 7 KEMPO TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Mahadi

Authors

  • Mahadi

Keywords:

kedisiplinan, belajar, hasil belajar

Abstract

Sekolah memiliki peraturan dan tata tertib yang harus dilaksanakan dan di patuhi oleh siswa. Peraturan yang dibuat sekolah merupakan kewajiban sekolah yang tertulis dan berlaku sebagai standar untuk tingkah laku siswa. Prestasi  belajar adalah suatu capaian yang diperoleh oleh siswa dari hasil belajar sebagai bentuk bukti akhir bahwa anak telah memenuhi masalah yang telah dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisplinan belajar disekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 7 Kempo Tahun Pembelajaran 2019/2020. Masalah yang dijawab dalam penelitian  ini apakah ada pengaruh kedispilinan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Negeri 7 Kempo. Jenis penelitian ini adalah kolerasi dengan pendekatan kuantitatif.  Jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 25 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah Angket. Dari hasil analisis diperoleh t-hitung yaitu 3.95, sedangkan t-tabel dengan taraf signifikan derajat kebebasan (dk) dengan dk = n-2= 23 di antara signifikan 0,05 atau 5%, maka t-tabel= 1,714 (uji satu pihak dengan interpolansi). Berdasarkan data hasil analisis menyatakan bahwa hipot esi diterima. Kenyataan ini menunjukkan ada pengaruh kedisiplinan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 7 Kempo Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Published

2019-09-13

How to Cite

Mahadi. (2019). 10 PENGARUH KEDISPLINAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 7 KEMPO TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: Mahadi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 290-295. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/58