Pengaruh Kurikulum Merdeka dan Keterlibatan Industri Terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa di SMK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5818Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa (1) Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa; (2) Pengaruh Keterlibatan Industri terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa; (3) Pengaruh Kurikulum Merdeka dan Keterlibatan Industri terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Lubuklinggau dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 305 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruks, sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbach‘s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Multikolienaritas, serta data di analisis menggunakan teknik regresi linear berganda, korelasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kurikulum merdeka memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel keterampilan praktis siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,892, (2) keterlibatan industri memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel keterampilan praktis siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,901, (3) kurikulum merdeka dan keterlibatan industri memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel keterampilan praktis siswa sebesar 0,912 dengan persentase hubungan sebesar 84,9% sedangkan 15,1% ditentukan oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.