Pengaruh Kurikulum Merdeka dan Keterlibatan Industri Terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa di SMK

Authors

  • A. Fauzan SMK Negeri 3 Lubuk Linggau
  • Yasir Arafat Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Pahlawan Pahlawan Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Hairani Hairani Sekolah Dasar Negeri 212 Palembang, Indonesia
  • Indah Ardianti Sekolah Dasar Negeri 195 Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa (1) Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa; (2) Pengaruh Keterlibatan Industri terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa; (3) Pengaruh Kurikulum Merdeka dan Keterlibatan Industri terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Lubuklinggau dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 305 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruks, sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbach‘s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Multikolienaritas, serta data di analisis menggunakan teknik regresi linear berganda, korelasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kurikulum merdeka memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel keterampilan praktis siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,892, (2) keterlibatan industri  memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel keterampilan praktis siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,901, (3) kurikulum merdeka dan keterlibatan industri memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel keterampilan praktis siswa sebesar 0,912 dengan persentase hubungan sebesar 84,9% sedangkan 15,1% ditentukan oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Published

2024-09-02

How to Cite

Fauzan, A. ., Arafat, Y. ., Pahlawan, P., Hairani, H., & Ardianti, I. . (2024). Pengaruh Kurikulum Merdeka dan Keterlibatan Industri Terhadap Peningkatan Keterampilan Praktis Siswa di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10035-10042. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5818