Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Peserta Didik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5820Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional Guru terhadap hasil asesmen kompetensi minimum (AKM) peserta didik di SD Negeri 244 Palembang. Sampel dalam penelitian ini yakni sebanyak 99 orang Peserta Didik SD Negeri 244 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian yaitu dengan metode kuantitati, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuesioner dengan skala Likert. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional Guru berpengaruh terhadap hasil asesmen kompetensi minimum (AKM) Peserta Didik di SD Negeri 244 Palembang, hal ini dibuktikan dari hasil uji t yang diperoleh nilai thitung variabel kompetensi pedagogik Guru lebih besar dari ttabel. Kompetensi Profesional Guru berpengaruh terhadap terhadap, hal ini dibuktikan dari hasil uji t yang diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel . Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional Guru berpengaruh terhadap hasil asesmen kompetensi minimum (AKM) Peserta Didik di SDN 244 Kota Palembang hal ini dibuktikan dari hasil uji F yang diperoleh nilai nilai F hitung > F tabel atau nilai ? yakni 0,000 < 0,05. Dari hasil peneltian ini disarankan Pemerintah diharapkan dapat memberikan kebijakan yang dapat meningkatkan Kompetensi guru yang ada di Indonesia. Karena dengan demikian akan berpengaruh pada pencapaian kompetensi peserta didik yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dan tercapainya visi pendidikan Indonesia.