Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar terhadap Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma di TKIT Ummul Quro Manokwari
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5927Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Juz 'Amma di TKIT Ummul Quro Manokwari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 50 siswa serta analisis data yang digunakan yakni Partial Least Square (PLS) SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, yang mencakup pengelolaan emosi, motivasi diri, dan kemampuan berempati, memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas proses menghafal Al-Qur'an. Selain itu, lingkungan belajar yang kondusif dengan fasilitas yang memadai, interaksi sosial yang positif, dan dukungan dari keluarga dan masyarakat juga memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan motivasi dan fokus siswa dalam menguasai Juz 'Amma. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan aspek kecerdasan emosional dan lingkungan belajar dalam merancang strategi pendidikan yang holistik dan berkelanjutan.