Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Berbasis Cyber-Counseling Via Video Call WhatsApp dalam Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.593Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman Pengenalan Sekolah Lapangan (PLP) di sebuah SMA swasta di kota Madiun, peneliti menemukan beberapa gejala yang seolah-olah menunjukkan kurangnya keterbukaan diri pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok berbasis cyber-conseling melalui video call WhatsApp efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Mei – 4 Juni 2021, dengan 7 subjek penelitian dari kelas XI IPA 2 SMAK St. Bonaventura Madiun tahun pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perubahan antara nilai pretest dan posttest yaitu rata-rata nilai pretest adalah 109,86 dan nilai posttest memiliki nilai rata-rata 158,14, atau terjadi peningkatan keterbukaan diri yang terlihat dari rata-rata gain score yaitu sebesar 48,28. Berdasarkan hasil uji statistik deskriptif paired sample t-test diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,00. Karena signifikansi (2-tailed) adalah 0,00<0,005, maka H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang nyata atau signifikan terhadap efektivitas layanan konseling kelompok berbasis cyber-conseling melalui video call WhatsApp dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa.