Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn

Authors

  • Selvin Putri Novitalia Tafonao Universitas Nias, Indonesia
  • Berkat Persada Lase Universitas Nias, Indonesia
  • Amstrong Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Fatiani Lase Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5952

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Gomo Tahun Pelajaran 2023/2024 dan untuk mengetahui hambatan atau kendala yang dihadapi oleh guru serta cara mengatasi hambatan dan kendala dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti itu sendiri dengan cara peneliti langsung terjun ke lapangan untuk mencari serta mengumpulkan data yang diperlukan pada penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: pertama, menerapkan metode pembelajaran aktif artinya mengajak siswa mengulas kembali materi yang sudah dipelajari, kemudian diskusi kelompok, dan strategi tanya jawab yang berkaitan pada pembelajaran yang dibahas. Kedua, hambatan atau kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran yaitu adanya siswa yang ribut dikelas dengan mengganggu teman atau bercerita dengan teman sebangkunya, siswa yang  keluar masuk kelas dengan alasan izin ketoilet, siswa yang keras kepala dan perilakunya sulit diatur, terdapat siswa yang takut atau menolak memberikan pendapatnya. Ketiga, dengan menerapkan metode tanya jawab, perilaku siswa yang sulit diatur, maka guru bersikap tegas, menegur siswa, mengajak siswa yang terus menolak memberikan pendapatnya agar mengemukakan argumen atau gagasan sesuai apa yang dapat bisa di jawab tanpa harus dituntut untuk benar.

Published

2024-10-03

How to Cite

Tafonao, S. P. N. ., Lase, B. P. ., Harefa, A. ., & Lase, F. . (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11308-11315. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5952