Analisis Isi Penggunaan Elemen Publikasi Melalui Instagram @sepatucompass
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5956Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana Compass memahami elemen publikasi Instagram, menggunakan metode analisis isi, peneliti mengumpulkan data melalui cara dokumentasi. Hasil penelitian ini, Compass menggunakan Instagram secara aktif sebagai media komunikasi pemasaran, menjalankan kampanye pemasaran dengan konsisten. Mereka menggunakan tiga jenis konten utama: Feed untuk katalog produk, Instastory untuk pesan promosi singkat, dan Reels untuk video dengan story telling. Dalam unsur packaging, Compass mempertahankan konsep minimalis dalam kemasan konten, dengan sentuhan warna cerah yang sesuai dengan karakter merek. Branding Compass menekankan pengembangan produk lokal dan nilai estetika, seperti motif batik Kawung yang dipublikasikan di Instagram. Dengan ini, Compass membangun positioning sebagai merek lokal berkualitas dengan perhatian pada estetika dan alam. Dampak publikasi Compass tercermin dalam feedback positif dan saran-saran konstruktif dari pengguna Instagram, menegaskan kesuksesan strategi pemasaran mereka.