Analisis Pengaruh Digital Onboarding Usaha Rumah Tangga terhadap Tingkat Pendapatan Keluarga selama Situasi Pandemi Covid-19 di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan Periode Januari-September 2021
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.600Abstract
Penerapan protokol kesehatan yang berimplikasi pada pembatasan bentuk-bentuk kegiatan yang mengakibatkan interaksi langsung untuk mengurangi terjadinya kerumunan orang sehingga mampu mengurangi penyebaran virus penyebab Covid-19 telah menyebabkan baik pasar modern maupun tradisonal, toko, gerai dan lapak-lapak yang sebelum pandemi banyak dikunjungi orang menjadi sepi pengunjung dan menyebabkan turunnya penjualan secara drastis. Biro Pusat Statistik (BPS) mencata bahwa pada masa pandemi penjualan daring mengalami lonjakan aktivitas dimana pada bulan Maret 2020, penjualan online melonjak 320% dari total penjualan online awal tahun. Lonjakan semakin tajam terjadi, penjualan online April 2020 tercatat meningkat 480% dari Januari 2020. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan apakah ada perbedaan penerimaan pendapatan para pelaku UMKM bisnis rumah tangga atau yang berbasis mikro sebelum dan sesudah melakukan adaptasi digital onboarding atau memanfaat media digital sebagai sarana dan media melakukan usaha terhadap tingkat pendapatan mereka secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan signifikan anatara pendapatan sebelum dan sesudah melakukan penjualan daring. Hal ini berarti digital onboarding merupakan alternatif yang tepat bagi pelaku usaha untuk menemukan pembeli-pembeli potensial baru. Bentuk hambatan utamadalam melakukandigital onboarding adalah pemahaman dan pengetahuan yang belum memadai untuk melakukan pejualan daring terutama terkait masalah teknis seperti pengetahuan menggunakan teknologi internet.