Penerapan Metode Bernyayi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Santriwati Baru Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3

Authors

  • Abdul Hafidz Zaid Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Lia Husnul Khotimah Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Nur Salis Alamin Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Wafiq Azizah Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6030

Abstract

Penerapan metode bernyanyi bertujuan untuk meningkatkan perolehan kosa kata bahasa pada anak didik yang baru mengenal bahasa arab dengan teknik bernyanyi. Sehingga santriwati dapat memiliki pengetahuan berbahasa melalui kosa kata yang dipelajari. Anak-anak segala usia pada dasarnya senang mendengarkan, menyanyi dan belajar dengan lagu. Oleh karena itu musik secara umum merupakan salah satu bagian penting dalam proses belajar mengajar bagi siswi muda. Penelitian ini ditulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang memberi penjelasan tentang penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufrodat dalam pembelajaran bahasa arab santriwati baru di pondok modern darussalam gontor putri kampus 3. Berdasarkan hasil sebuah analisis penelitian ini, penerapan metode bernyanyi merupakan bagian penting dari proses belajar mengajar bagi santriwati baru sehingga guru dapat memanfaatkan metode tersebut dalam pembelajaran bahasa arab. Hal tersebut sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab untuk santri baru karena pada dasarnya anak-anak suka bernyanyi sehingga alangkah lebih baiknya jika dalam pembelajaran diterapkan belajar sambil bernyanyi atau bernyanyi sambil belajar.

Published

2024-10-05

How to Cite

Zaid, A. H., Khotimah, L. H., Alamin, N. S. ., & Azizah, W. . (2024). Penerapan Metode Bernyayi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Santriwati Baru Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11999-12005. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6030