Pengembangan Modul Praktikum Bahan Bangunan Berbasis Problem Based Learning

Authors

  • Nurmi Frida Dorintan Bertua Pakpahan Dosen Jurusan Teknik Sipil, Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Unesa, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan modul Praktikum Bahan Bangunan Berbasis Problem Based Instruction (PBI.) Kegiatan awal dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik materi pembelajaran serta konsep pengajaran PBI sebagai proses konseptual dan sistematik yang digunakan acuan untuk merancang modul. Kegiatan berikutnya merupakan proses empiris untuk menguji kelayakan modul ditinjau oleh ahli dan kelayakan ditinjau dari kompetensi mahasiswa (ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan). Metode penelitian yang dilakukan pada: (1) proses konseptual dan sistematik menggunakan Forum Group Discussion (FGD) melakukan diskusi kelompok dari tim dosen rumpun; Analisis karakteristik materi serta konsep pengajaran sebagai acuan untuk merancang modul yang dimulai dari menetapkan tujuan belajar, merancang kegiatan belajar mengajar berbasis PBI, merancang materi dan evaluasi terhadap kompetensi mahasiswa meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan; (2)  proses empiris dilakukan validasi terhadap kelayakan modul ditinjau oleh para ahli; (3) Proses empiris pada penelitian berikutnya adalah mengevaluasi kompetensi mahasiswa menggunakan modul Praktikum Bahan Bangunan Berbasis PBI dalam kegiatan belajarnya.

Published

2022-05-22

How to Cite

Pakpahan, N. F. D. B. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Bahan Bangunan Berbasis Problem Based Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1564-1570. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.604