Analisis Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di MA Diniyah Putri Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6068Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya pelaksanaan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Madrasah Aliyah (MA) Diniyah Putri Pekanbaru pada kelas X tahun ajaran 2023-2024, yang mana MA Diniyah Putri Pekanbaru bukan merupakan sekolah penggerak juga tidak terdapat guru penggerak di sekolah tersebut. Selain itu, sebagian guru masih belum memahami sepenuhnya mengenai pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Guru dan siswa masih dalam tahap penyesuaian kurikulum, guru juga masih kesulitan untuk merancang modul ajar dan evaluasi pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di MA Diniyah Putri Pekanbaru. Tujuan penelitian ini guna mengetahui dan menganalisis pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di MA Diniyah Putri Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di MA Diniyah Putri Pekanbaru terlaksana secara baik sebagaimana mestinya dan telah sesuai dengan panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Kendala dan hambatan yang dialami yaitu sebagian besar guru dan siswa belum terbiasa dengan Kurikulum Merdeka sehingga membutuhkan penyesuaian kurikulum yang cukup lama, sarana dan pra sarana yang masih terbatas, dan kesulitan dalam mengembangkan modul ajar, keterbatasan waktu dalam pembuatan modul ajar, serta kurangnya informasi dan referensi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.