2 Minat Siswa SLTA Kota Madiun Terhadap Pilihan Jurusan Bimbingan dan Konseling Berbantuan Analisis Asesmen Non Tes

1. Chaterina Yeni Susilaningsih, 2. Dwi Sri Rahayu

Authors

  • Redaksi JIIP

Keywords:

Arah Minat Siswa, Pilihan Jurusan, Bimbingan dan Konseling, Asesmen Non Tes

Abstract

Arah Minat Siswa SLTA Kota Madiun Terhadap Pilihan Jurusan Bimbingan dan Konseling Berbantuan Analisis Asesmen Non Tes ini bertujuan menganalisis arah minat siswa SLTA Kota Madiun terhadap pilihan jurusan Bimbingan dan Konseling berbantuan asesmen non tes dan mengetahui factor penyebab rendahnya minat siswa SLTA Kota Madiun terhadap jurusan Bimbingan dan Konseling. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif deskritif. Pengambilan sampel menggunakan metode kuota sampling terhadap 500 responden (siswa) yang berasal dari siswa kelas XI SLTA Kota Madiun. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner (angket), wawancara dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan model Spradley yaitu tehnik analisa data yang di sesuaikan dengan tahapan dalam penelitian. Hasil dalam penelitian ini bahwa arah minat siswa terhadap pilihan jurusan Bimbingan dan Konseling rendah dari data yang diperoleh siswa yang berminat terhadap jurusan BK sebanyak 28 siswa (5,47%) dari 382 siswa. Sedangkan faktor penyebab dari rendahnya arah minat siswa terhadap jurusan Bimbingan dan Konseling antara lain: (1) Minimnya informasi tentang jurusan Bimbingan dan Konseling, (2) Kurangnya pemahaman tentang minat, (3) Jurusan Bimbingan dan Konseling kurang favorit, (4) Minat menjadi guru rendah, (5) Prospek pekerjaan sulit, (6) Keluarga dan lingkungan.

Published

2019-11-02

How to Cite

JIIP, R. (2019). 2 Minat Siswa SLTA Kota Madiun Terhadap Pilihan Jurusan Bimbingan dan Konseling Berbantuan Analisis Asesmen Non Tes: 1. Chaterina Yeni Susilaningsih, 2. Dwi Sri Rahayu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 307-312. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/62

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>