Implementasi Aliran Empirisme dalam Dunia Pendidikan

Authors

  • Rina Febriana Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Indonesia
  • Rindia Dianing Astuti Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.6233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip empirisme dapat diterapkan dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aliran empiris dalam pendidikan memerlukan adaptasi yang cermat terhadap konteks dan kebutuhan siswa. Pengalaman langsung, eksperimen, dan observasi menjadi inti dari metode pengajaran. Kurikulum dirancang untuk mempromosikan interaksi langsung dengan materi pembelajaran, menciptakan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan analitis dan kritis mereka. Selain itu, peran guru dalam mendampingi siswa dalam proses eksplorasi dan pengamatan sangat penting. Guru bukan hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai fasilitator pengalaman belajar. Dalam evaluasi hasil belajar, pendekatan formatif menjadi lebih dominan, memungkinkan pemahaman mendalam tentang kemajuan individu siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami bagaimana aliran empiris dapat menjadi landasan yang efektif dalam merancang dan melaksanakan pendidikan. Penerapan prinsip-prinsip dalam emperisisme dalam pendidikan dapat memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran siswa, terutama dalam mengembangkan keterampilan analitis dan kritis. Dengan menekankan pengalaman langsung, eksperimen dan observasi sebagai inti pembelajaran, kurikulum yang berbasis empiris mendorong keterlibatan aktif siswa. Peran guru pun bergeser dari penyampai informasi menjadi fasilitator pengalaman belajar. Evaluasi formatif menjadi pendekatan utama untuk memantau kemajuan siswa secara mendalam. Dengan demikian, implementasi emperisisme yang kontekstual dan bijaksana mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan memotivasi siswa.

Published

2025-06-03

How to Cite

Febriana, R., & Astuti, R. D. . (2025). Implementasi Aliran Empirisme dalam Dunia Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5837-5842. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.6233