Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Nanik Tri Wiyanti Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Fitri Laila Suwardi Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Syamsuriani Syamsuriani Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.627

Abstract

Tujuan Penulisan artikel ini dilatar belakangi dengan ramainya penggunaan gadget pada anak usia dini, yang diawali saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) , dengan judul analisis dampak penggunaan gadget pada anak usia dini pada saat pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian ini menggunakan kajian literatur. Langkah dalam kajian literatur adalah (1) pencarian topik; (2) menentukan judul; (3) penyimpulan . Teknik analisis penulisan   dalam kajian literatur adalah: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data: (30 Penarikan kesimpulan . Pada penelitian ini terdapat dampak negatif dan dampak positif .Dampak positif anak usia dini dapat mengenal teknologi informasi sejak dini, anak dapat belajar online dan dapat berinteraksi dengan teman temanya. Sedangkan dampak negatifnya cahaya pada gadget ataupun Laptop sangat mengganggu kesehatan mata, kurangnya interaksi sosial,dan anak dapat mengalami stunting.

Published

2022-06-06

How to Cite

Wiyanti, N. T., Suwardi, F. L., & Syamsuriani, S. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Jarak Jauh. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1740-1743. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.627