Pengembangan Media Puzzle pada Materi Metamorfosis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6275Abstract
Metode Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk media puzzle pada materi metamorfosis menggunakan model pembelajaran PJBL dengan pendekatan STEAM untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3. Media ini dirancang untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan peserta didik, nilai rata-rata dari persentase kelayakan 88%, dalam memahami konsep metamorfosis melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan menyenangkan. Media pembelajaran puzzle ini di desain dengan mengintegrasikan unsur-unsur STEAM untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif, berfikir kritis, dan pemecahan masalah peserta didik. Dari penulis menunjukkan media puzzle berbasis STEAM ini yang layak berdasarkan hasil dari ahli materi dan media, serta memperoleh respon positif dari peserta didik dan guru.Penerapan media ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan, dibuktikan dengan perbedaan nilai pretest dan post-test Selain itu, media ini juga dinilai mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Sehingga pengembangan media puzzle berbasis STEAM pada materi metamorfosis dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).