Hubungan Latar Belakang Pendidikan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 1 Ronggurnihuta

Authors

  • Martina Simbolon Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Budiman N P D Sinaga Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kondios M D Pasaribu Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data latar belakang pendidikan orangtua dan data prestasi belajar siswa untuk mengetahui hubungan latar belakang pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi  Covid-19 di SMP N 1 Ronggurnihuta. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik, bersifat kuantitatif dengan menggunakan analisis data yang berupa angka-angka yang akan diolah. Kegiatan memperoleh data dalam penelitian  ini adalah menggunakan intstrumen pengumpulan data dengan metode dokumentasi yang terkait dalam penelitian. Data yang dikumpulkan berupa data pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa pada masa pandemic Covid-19,kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan uji korelasi dalam mencari korelasi penelitian.Hasil Penelitian yang dilakukan memperoleh korelasi dimana  rxy atau rhitung sebesar 0,65 %  kemudian di interpretasikan kedalam tabel dengan jumlah sampel 23, pada taraf 5 % diperoleh r tabel sebesar 0,396, menunjukkan berada pada koefisien korelasi antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi kuat dan tinggi.

Published

2022-06-12

How to Cite

Simbolon, M., Sinaga, B. N. P. D., & Pasaribu, K. M. D. (2022). Hubungan Latar Belakang Pendidikan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 1 Ronggurnihuta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1824-1826. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.644