Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Kecurangan Laporan Keuangan serta Financial Distress sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada Perusahaan dengan Notasi Khusus pada Bursa Efek Indonesia)

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilis faktor-faktor yang memengaruhi kecurangan laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan notasi khusus dengan menggunakan rasio Profitabilitas, Likuiditas dan Laverage. Populasi yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2020 dengan teknik pengambillan sampel menggunakan nonprobability sampling sehingga di peroleh sampel sebanyak sepuluh perusahaan dari total perusahaan sebanyak delapan puluh satu. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik desktiptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta uji T dan uji F dengan menggunakan statistic SPSS. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t, menyatakan bahwa secara parsial Profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Distress, Likuiditas dan Laverage berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Distress, sedangkan secara simultan atau bersama-sama Profitabilitas, Likuiditas dan Laverage berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Distress. Serta Financial Distress berpengaruh secara signifikan terhadap Kecurangan Laporan Keuangan.

Published

2022-06-12

How to Cite

Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Kecurangan Laporan Keuangan serta Financial Distress sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada Perusahaan dengan Notasi Khusus pada Bursa Efek Indonesia). (2022). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1796-1802. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.645