Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Perubahan di SMK Negeri 4 Bojonegoro

Authors

  • Winarti Winarti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6456

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola perubahan di SMK Negeri 4 Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran kepala sekolah dalam menghadapi dan mengelola perubahan yang terjadi di sekolah, khususnya dalam aspek pengelolaan kurikulum, pengembangan SDM, dan peningkatan kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bojonegoro mengimplementasikan strategi kepemimpinan yang meliputi perencanaan yang matang, komunikasi yang efektif, serta pemberdayaan tim kerja untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan. Selain itu, kepala sekolah juga memanfaatkan pendekatan partisipatif dalam melibatkan seluruh stakeholder, seperti guru, siswa, dan orang tua, dalam proses perubahan. Tantangan yang dihadapi termasuk resistensi terhadap perubahan dari sebagian pihak, namun dengan pendekatan yang inklusif dan adaptif, perubahan dapat diterima dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya kepemimpinan yang kuat dalam mengelola perubahan di lingkungan pendidikan SMK, serta menjadi referensi bagi kepala sekolah lainnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SMK.

Published

2025-01-10

How to Cite

Winarti, W. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Perubahan di SMK Negeri 4 Bojonegoro. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 741-746. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6456