Pengabdian Masyarakat dalam Pemanfaatan Game Edukasi Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Numerasi Siswa di SD Inpres Morowa

Authors

  • Nurasima Sari Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Asmah Amir Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Syarifnur Syarifnur Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6460

Abstract

Kemampuan literasi numerasi sangatlah dibutuhkan siswa seiring dengan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi.  Meningkatkan literasi numerasi siswa sekolah dasar sangat penting karena literasi numerasi merupakan keterampilan dasar terhadap pemahaman tentang penggunaan symbol dan angka matematika dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Menurut hasil PISA yang dirilis OECD pada tahun 2018, Tingkat literasi numerasi Indonesia berada pada posisi 7 terbawah dari 76 negara, yang menunjukkan bahwa Tingkat literasi numerasi di Indonesia masih sangat rendah. Permasalahan literasi numerasi siswa SD Inpres Morowa disebabkan oleh berbagai factor diantaranya kemampuan dalam memecahkan masalah matematika dan kemampuan literasi peserta didik. Selain itu, banyak siswa Sekolah Dasar kurang memiliki motivasi dalam membaca dan berhitung dikarenakan kurangnya minat terhadap bahan bacaan yang tersedia. Permainan edukasi (Game Edukasi) dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan pemahaman literasi numerasi siswa sekolah dasar.  Solusi yang akan dilaksanakan untuk memecahkan permasalahan yaitu mitra melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan permainan edukasi untuk meningkatkan pemahaman numerasi siswa SD Inpres Morowa. Hasil kegiatan ini peserta memiliki antusias yang tinggi.

Published

2025-01-03

How to Cite

Sari, N. ., Amir, A. ., & Syarifnur, S. (2025). Pengabdian Masyarakat dalam Pemanfaatan Game Edukasi Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Numerasi Siswa di SD Inpres Morowa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 182-186. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6460