Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermuatan LKPD Etnosains Kuliner Kamboya terhadap Kemampuan Bernalar Kritis di Fase B Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6466Abstract
Penelitian ini membahas dampak penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) bermuatan Lkpd etnosains kuliner lokal, yaitu kue Kamboya dari Pulau Kangean, terhadap keterampilan bernalar kritis siswa Kelas IV Fase B di SDN Pabian IV. Dengan desain one-group pretest-posttest, penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan bernalar kritis siswa berdasarkan analisis skor N-gain dan uji-t sampel independen (nilai signifikansi uji-t sebesar 0,001, p < 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa integrasi media kuliner lokal dalam pembelajaran berbasis proyek mampu memperkuat kemampuan siswa dalam berpikir kritis, sekaligus memperkaya pembelajaran dengan elemen budaya lokal.