Strategi Pengembangan Pembelajaran Abad Ke-21: Mengintegrasikan Kreativitas, Kolaborasi, dan Teknologi

Authors

  • Kinkin Karimah Nursaya’bani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Farah Falasifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6470

Abstract

Pendidikan di abad ke-21 menghadapi tantangan besar dalam mempersiapkan peserta didik untuk beradaptasi dengan perubahan cepat dan kompleksitas dunia modern. Masalah utama yang diidentifikasi adalah kurangnya integrasi keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, kolaborasi, dan penggunaan teknologi, dalam proses pembelajaran yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif yang dapat mengintegrasikan ketiga keterampilan tersebut secara sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, yang melibatkan analisis literatur terkait untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi serta model pembelajaran yang relevan. Hasil dan Pembahasan menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas dan kolaborasi peserta didik, serta menyoroti pentingnya pelatihan bagi pendidik untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menggunakan teknologi dan mendesain pembelajaran yang mendorong keterampilan abad ke-21. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi kreativitas, kolaborasi, dan teknologi dalam pembelajaran sangat penting untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan global, dan diperlukan kolaborasi antara pendidik dan pembuat kebijakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.

Published

2025-01-03

How to Cite

Karimah Nursaya’bani, K., Falasifah, F. ., & Iskandar, S. (2025). Strategi Pengembangan Pembelajaran Abad Ke-21: Mengintegrasikan Kreativitas, Kolaborasi, dan Teknologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 109-116. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6470