Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Authors

  • Leonhard Simanjuntak Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wasino Wasino Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Fathur Rokhman Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Decky Avrilanda Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6473

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik paradigma pembelajaran berbasis masalah (PBL) bekerja untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar kelas lima. Desain penelitian kuasi-eksperimental digunakan, dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel, satu kelas berfungsi sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan uji-t sampel independen dan berpasangan untuk memeriksa data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Menurut temuan tersebut, kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol pada post-test, yang menunjukkan peningkatan yang nyata dalam hasil belajar dan literasi matematika siswa secara keseluruhan. Menurut penelitian ini, PBL merupakan metode pengajaran yang berguna untuk meningkatkan kemahiran berhitung di antara siswa sekolah dasar.

Published

2025-01-02

How to Cite

Simanjuntak, L., Wasino , W. ., Rokhman, F., Subali, B., & Avrilanda, D. (2025). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52-56. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6473