Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6473Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik paradigma pembelajaran berbasis masalah (PBL) bekerja untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar kelas lima. Desain penelitian kuasi-eksperimental digunakan, dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel, satu kelas berfungsi sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan uji-t sampel independen dan berpasangan untuk memeriksa data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Menurut temuan tersebut, kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol pada post-test, yang menunjukkan peningkatan yang nyata dalam hasil belajar dan literasi matematika siswa secara keseluruhan. Menurut penelitian ini, PBL merupakan metode pengajaran yang berguna untuk meningkatkan kemahiran berhitung di antara siswa sekolah dasar.