Tinjauan Filosofis tentang Pendidikan Moral pada Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6499Abstract
Pendidikan, tidak hanya berujuan untuk memberikan pengetahuan atau keterampilan teknis, tetapi untuk memupuk kebijakan praktis, dimana individu dapat membuat keputusan moral yang sadar dan bertanggung jawab. Pendidikan moral juga merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan, dengan tujuan utama adalah pembentukan karakter yang kuat dan kehendak baik, yang diperkuat melalui pengajaran dan penerapan prinsip-prinsip moral. Penelitian ini menggunakan metode literature review, yaitu suatu proses pencarian di mana peneliti mengidentifikasi berbagai artikel jurnal, buku referensi, prosiding, dan karya ilmiah lainnya untuk menemukan gagasan, pemikiran, mengembangkan kesimpulan. Oleh karena itu ditemukan landasan filosofis pendidikan merupakan fondasi atau dasar yang menyokong eksistensi dan prinsip-prinsip fundamental dari pendidikan. Tinjauan filosofis ini menunjukkan bahwa pendidikan moral yang ideal harus mampu mengajarkan siswa untuk berpikir kritis, menghargai keberagaman, dan mengembangkan komitmen terhadap nilai-nilai kemanusiaan.