Pengembangan Media Permainan Papan Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Rini Nurdilianti Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eko Handoyo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6506

Abstract

Banyaknya kebingungan siswa dan kurangnya minat dalam belajar perkalian karena metode pengajaran yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan gaya belajar siswa, Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk membuat materi perkalian lebih menarik dan mudah dipahami. Salah satu solusi efektif adalah menggunakan alat bantu visual seperti papan pintar, yang telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Media papan perkalian ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, mengkomunikasikan ide-ide mereka, dan meningkatkan kemampuan memahami konsep perkalian dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk papan pintar yang valid, praktis, efektif, dan layak sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka atau literature review merupakan salah satu teknik pengumpulan data sebagai referensi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih ke arah penelitian-penelitian serupa yang relevan dengan cara membaca, mempelajari, dan mendalami literatur tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media permainan papan perkalian pada pelajaran matematika dapat membantu dan menunjang keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan antusias dan memusatkan perhatian siswa. Permainan papan perkalian efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa, memperbaiki pemahaman mereka terhadap konsep perkalian, serta meningkatkan motivasi dan kepuasan belajar.

Published

2025-01-13

How to Cite

Nurdilianti, R. ., Raharjo, T. J. ., Handoyo, E. ., Subali, B. ., & Widiarti, N. . (2025). Pengembangan Media Permainan Papan Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 942-948. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6506