Pengaruh Game Edukasi Baamboozle terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat

Authors

  • Mida Hamidatussya'diyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Najih Anwar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Game Edukasi Baamboozle terhadap minat belajar Bahasa Arab siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi untuk mengukur hubungan antara penggunaan game edukasi dan minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur aspek minat belajar, seperti perasaan senang, perhatian, ketertarikan, dan pasrtisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Product Moment melalui aplikasi IBM SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Baamboozle memiliki pengaruh terhadap minat belajar Bahasa Arab, dengan koefisien korelasi sebesar 0,740, yang menunjukkan ketegori pengaruh kuat dan signifikan (54,76%) terhadap minat belajar Bahasa Arab. Temuan ini menunjukkan bahwa game edukasi dapat menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Published

2025-01-03

How to Cite

Hamidatussya’diyah, M. ., & Anwar, N. (2025). Pengaruh Game Edukasi Baamboozle terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 169-176. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6507