Implementasi Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) dan Implikasinya dalam Pembelajaran Aqidah dan Akhlaq Siswa SD Islam Terpadu Binaul Ummah Plesungan, Karangpandan, Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar

Authors

  • Nur Winarsih Program Pacasarjana Pendidikan Agama Islam IAIN Salatiga, Indonesia
  • Ruwandi Ruwandi Program Pacasarjana Pendidikan Agama Islam IAIN Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.651

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kebijakan penyelenggaraan kegiatan mabit (malam bina iman dan taqwa) di SDIT Binaul Ummah; (2) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan mabit (malam bina iman dan taqwa) di SDIT Binaul Ummah; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pelaksanaan kegiatan mabit (malam bina iman dan taqwa) di SDIT Binaul Ummah. Metode penelitian ini adalah field research dengan subjek penelitian guru SD Islam Terpadu Binaul Ummah. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) mabit diselenggarakan berdasarkan visi dan misi sekolah dengan pengorganisasian kepala sekolah, divisi keagamaan dan kesiswaan, serta guru; (2) mabit dilaksanakan sabtu sampai minggu, tetapi di masa pandemi covid-19 mabit dilaksanakan di rumah dengan program shalat berjamaah, muhasabah diri, tilawah Al-Qur’an, qiyamul lail, dan arriyadhah, dengan memberikan reward dan punishment sebagai evaluasi terhadap penguatan aqidah dan akhlaq, untuk implikasinya siswa dan orang tua dapat meningkatkan kualitas aqidah dan akhlak dalam diri masing-masing; dan (3) kendala yang dihadapi seperti kurangnya kesadaran orang tua dan kesulitan mebangunkan anak, sedang solusinya yaitu pengawasan orang tua dan guru, adanya sosialisasi mabit lanjutan, dan menyalakan lampu.

Published

2022-06-13

How to Cite

Winarsih, N., & Ruwandi, R. (2022). Implementasi Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) dan Implikasinya dalam Pembelajaran Aqidah dan Akhlaq Siswa SD Islam Terpadu Binaul Ummah Plesungan, Karangpandan, Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1868-1877. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.651