Pengaruh Model Pembelajaran Radec dalam Meningkatkan Keterampilan Partisipasi dan Kolaborasi Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Holifa Kurniayati STKIP PGRI Sumenep, Indonesia
  • Framz Hardiansyah STKIP PGRI Sumenep, Indonesia
  • Tri Sukitman STKIP PGRI Sumenep, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk partisipasi dan kolaborasi melalui pembelajaran RADEC dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 siswa (18 laki-laki dan 14 perempuan) yang bersekolah di SDN Parsanga I di kota Sumenep. Studi kasus dengan pendekatan kualitatif digunakan sebagai metode penelitian dengan memanfaatkan instrumen seperti lembar observasi, lembar kerja siswa, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik Miles & Huberman dengan validasi data menggunakan teknik bahan referensi dan triangulasi metodologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mengerjakan tugas, mengajukan pertanyaan, menyampaikan pendapat dan argumen, memberikan tanggapan dan membuat kesimpulan merupakan bentuk partisipasi siswa di kelas, (2) siswa berkolaborasi melalui kerja kelompok, partisipasi aktif dan kontribusi dalam tugas kelompok, mendengarkan dan mendiskusikan berbagai topik, menunjukkan penghargaan, mencocokkan tugas dan pekerjaan, bekerja sama untuk mendapatkan ide dan mewujudkannya melalui pengambilan keputusan yang hormat dan tepat, dan (3) beberapa faktor memengaruhi partisipasi dan kolaborasi siswa, yaitu kepercayaan diri, kerja keras, dan stimulasi guru. Hasil ini menandakan bahwa pembelajaran RADEC mampu merangsang partisipasi dan kolaborasi siswa.

Published

2025-01-03

How to Cite

Kurniayati, H., Hardiansyah, F. ., & Sukitman, T. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Radec dalam Meningkatkan Keterampilan Partisipasi dan Kolaborasi Siswa di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 159-168. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6514