Optimalisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi di Sekolah Dasar Yamastho Surabaya

Authors

  • Munfa'ati El Zamzama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Muhammad Walid Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Samsul Susilawati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6536

Abstract

Pembelajaran di sekolah inklusif serupa dengan kelas reguler tetapi disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus (ABK). Jika diperlukan, mereka dapat dipindahkan sementara dari kelas reguler untuk mendapatkan bimbingan khusus. Pendekatan ini memberi siswa dengan tantangan fisik atau psikologis pilihan antara sekolah inklusif atau sekolah luar biasa (SLB), sesuai kebutuhan mereka. Di SD Yamastho Surabaya, siswa ABK di kelas 1 hingga 3 sepenuhnya diintegrasikan ke dalam kelas inklusif. Namun, untuk kelas 4 hingga 6, pendekatan yang lebih fleksibel diterapkan, di mana mereka dapat bergabung dengan kelas reguler berdasarkan kesiapan, kemampuan mengikuti pelajaran, dan keterampilan sosial, sesuai penilaian guru. Optimalisasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi prioritas, dengan modifikasi yang memastikan kurikulum dapat mengakomodasi kebutuhan semua siswa. Pendekatan ini bertujuan agar pembelajaran PAI efektif bagi siswa reguler maupun ABK, dengan penyesuaian materi dan metode sesuai kemampuan mereka. SD Yamastho menggunakan metode Instruksi Berbeda (Differentiated Instruction) untuk mengembangkan kurikulum PAI yang inovatif dan inklusif. Model ini tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga pada pengembangan kemandirian, kemampuan bersosialisasi, dan potensi individu. Pendekatan individual mencakup pengenalan materi bertahap, tugas adaptif, dan bimbingan yang disesuaikan. Strategi seperti dukungan satu-satu, penguatan psikologis, dan fleksibilitas metode menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Pendekatan ini membuktikan bahwa pendidikan inklusif dapat berhasil melalui praktik pengajaran inovatif dan kolaboratif yang menghargai potensi unik setiap siswa.

Published

2025-01-03

How to Cite

Zamzama, M. E. ., Walid, M. ., & Susilawati, S. . (2025). Optimalisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi di Sekolah Dasar Yamastho Surabaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 140-147. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6536