Studi Literatur: Kemampuan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Soal HOTS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6555Abstract
Pendidikan saat ini mengadakan kegiatan ANBK sebagai pengganti program UN (Ujian Nasional). ANBK ini meliputi literasi dan numerasi. Kemampuan literasi numerasi erat kaitannya dengan pembelajaran Matematika. Dalam kehidupan sehari-hari, literasi numerasi sangat penting sehingga perlu diajarkan sejak dini. Literasi numerasi erat kaitanya dengan pembelajaran matematika yang memerlukan kemampuan penalaran dan berpikir kritis serta menuangkan konsep-konsep ke dalam penyelesaian permaslaahan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan studi literatur berkaitan dengan pembelajaran Matematika melalui soal HOTS dalam meningkatkan literasi numerasi siswa. Metode penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Reviews). Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan dan peninjauan terhadap seluruh artikel yang memiliki keterkaitan dengan kajian penelitian yang diterbitkan periode tahun 2020-2024 dari database Google Scholar. Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika berbantuan soal HOTS dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.