Studi Literatur: Kemampuan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Soal HOTS

Authors

  • Komang Trisyani Dewi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Gede Suwindia Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Made Ari Winangun Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6555

Abstract

Pendidikan saat ini mengadakan kegiatan ANBK sebagai pengganti program UN (Ujian Nasional). ANBK ini meliputi literasi dan numerasi. Kemampuan literasi numerasi erat kaitannya dengan pembelajaran Matematika. Dalam kehidupan sehari-hari, literasi numerasi sangat penting sehingga perlu diajarkan sejak dini. Literasi numerasi erat kaitanya dengan pembelajaran matematika yang memerlukan kemampuan penalaran dan berpikir kritis serta menuangkan konsep-konsep ke dalam penyelesaian permaslaahan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan studi literatur berkaitan dengan pembelajaran Matematika melalui soal HOTS dalam meningkatkan literasi numerasi siswa. Metode penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Reviews). Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan dan peninjauan terhadap seluruh artikel yang memiliki keterkaitan dengan kajian penelitian yang diterbitkan periode tahun 2020-2024 dari database Google Scholar. Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika berbantuan soal HOTS dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Published

2025-01-13

How to Cite

Dewi, K. T., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. . (2025). Studi Literatur: Kemampuan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Soal HOTS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 850-854. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6555