Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa

Authors

  • Made Meliana STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Gede Suwindia STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Made Ari Winangun STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6578

Abstract

Tidak sedikit sekolah masih mengandalkan metode tradisional dalam proses pembelajaran, yang mungkin tidak memadai untuk mengembangkan potensi siswa dalam literasi dan numerasi di era digital yang semakin kompleks saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui penggunaan media pembelajaran berbasis digital.  Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis jurnal-jurnal dalam kurun waktu 2019-2024 terkait peningkatan kemampuan literasi numerasi melalui media pembelajaran berbasis digital. Hasil review menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa secara  efektif. Penggunaan media pembelajaran digital dapat menarik minat siswa serta meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan dan penggunaan media pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Published

2025-01-13

How to Cite

Meliana, M., Suwindia, I. G. ., & Winangun, I. M. A. . (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 862-867. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6578