Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6578Abstract
Tidak sedikit sekolah masih mengandalkan metode tradisional dalam proses pembelajaran, yang mungkin tidak memadai untuk mengembangkan potensi siswa dalam literasi dan numerasi di era digital yang semakin kompleks saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui penggunaan media pembelajaran berbasis digital. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis jurnal-jurnal dalam kurun waktu 2019-2024 terkait peningkatan kemampuan literasi numerasi melalui media pembelajaran berbasis digital. Hasil review menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa secara efektif. Penggunaan media pembelajaran digital dapat menarik minat siswa serta meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan dan penggunaan media pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.