Inovasi Literasi Membaca melalui Media Konidin (Komik Unik Digital Interaktif)

Authors

  • I Kadek Agus Dwipayana Mahardika STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Gede Suwindia STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Made Ari Winangun STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6579

Abstract

Di Indonesia, kemampuan literasi siswa masih belum optimal. Hal ini diketahui dari faktanya yang diperoleh berdasarkan hasil survei PISA terbaru tahun 2023 masih menempatkan Indonesia di peringkat yang rendah.  Rata-rata  nilai  PISA  pada  bidang  literasi  numerasi  adalah  366  poin, berjarak 106 poin dari nilai rata-rata negara di dunia. Posisi membaca siswa Indonesia berada diurutan ke-57 dari 65 negara lainnya (PISA). Berangkat dari permasalahan tersebut, dirancanglah komik unik didital interaktif “KONIDIN” sebagai media literasi. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan teknik analisis deskriptif, dimana peneliti mengumpulkan dan menelaah berbagai literasi tentang pemanfaatan media komik sebagai media lierasi. Hasil penelitian yang dikaji mengenai komik dan pengembangan komik sebagai media literasi yang efektif selama lima tahun terakhir (2019-2023). Berdasarkan hasil studi literatur dapat dikatakan bahwa media “KONIDIN” dapat menjadi sebuah novelty atau sebuah inovasi dalam kegiatan literasi. Media komik yang digunakan lebih merangsang peserta didik secara visual, bahkan secara audio juga, rangsangan tersebut membantu meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa dalam membaca.

Published

2025-01-03

How to Cite

Mahardika, I. K. A. D., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. . (2025). Inovasi Literasi Membaca melalui Media Konidin (Komik Unik Digital Interaktif). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 195-201. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6579