Inovasi Literasi Membaca melalui Media Konidin (Komik Unik Digital Interaktif)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6579Abstract
Di Indonesia, kemampuan literasi siswa masih belum optimal. Hal ini diketahui dari faktanya yang diperoleh berdasarkan hasil survei PISA terbaru tahun 2023 masih menempatkan Indonesia di peringkat yang rendah. Rata-rata nilai PISA pada bidang literasi numerasi adalah 366 poin, berjarak 106 poin dari nilai rata-rata negara di dunia. Posisi membaca siswa Indonesia berada diurutan ke-57 dari 65 negara lainnya (PISA). Berangkat dari permasalahan tersebut, dirancanglah komik unik didital interaktif “KONIDIN” sebagai media literasi. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan teknik analisis deskriptif, dimana peneliti mengumpulkan dan menelaah berbagai literasi tentang pemanfaatan media komik sebagai media lierasi. Hasil penelitian yang dikaji mengenai komik dan pengembangan komik sebagai media literasi yang efektif selama lima tahun terakhir (2019-2023). Berdasarkan hasil studi literatur dapat dikatakan bahwa media “KONIDIN” dapat menjadi sebuah novelty atau sebuah inovasi dalam kegiatan literasi. Media komik yang digunakan lebih merangsang peserta didik secara visual, bahkan secara audio juga, rangsangan tersebut membantu meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa dalam membaca.