Meningkatkan Literasi Membaca Siswa dengan Model Membaca Berpasangan (Buddy Reading) Berbantuan TIK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6596Abstract
Literasi membaca adalah salah satu keterampilan dasar yang sangat penting untuk setiap orang, terutama bagi siswa di tingkat pendidikan dasar. Tanpa kemampuan membaca yang baik, siswa akan kesulitan dalam memahami pelajaran, berkomunikasi dengan baik, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi membaca melalui penerapan model membaca berpasangan (Buddy Reading) berbantuan TIK. Data kemampuan literasi membaca diperoleh dengan menggunakan tes hasil literasi membaca yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas III SD Negeri 1 Pakisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kemampuan literasi membaca siswa dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yang berkategori sangat baik. Sebelum penerapan membaca berpasangan (Buddy Reading) berbantuan TIK prasiklus diperoleh hasil ketuntasan klasikal literasi dengan persentase 23,81%, siklus I diperoleh 47,62% dan siklus II diperoleh hasil ketuntasan klasikal 90,48%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model membaca berpasangan (Buddy Reading) berbantuan TIK berhasil meningkatkan literasi membaca siswa kelas III SD Negeri 1 Pakisan.