Pengaruh Keterampilan Berfikir Kritis, Kreatifitas, dan Kemampuan Kolaborasi terhadap Hasil Belajar Elemen Ilmu Ukur Tanah dengan Metode Project Based Learning di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Mustain Mustain Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Suparji Suparji Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6598

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan kolaborasi terhadap hasil belajar elemen Ilmu Ukur Tanah dengan menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) di 4 sekolah SMKN Bojonegoro. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan korelasional dan ex post facto dengan populasi 169 siswa dari jurusan Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) serta Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen penelitian yang mengukur variabel keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kemampuan kolaborasi, dan hasil belajar. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa: Kreativitas berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, Kemampuan kolaborasi memberikan kontribusi terbesar dalam meningkatkan hasil belajar, Keterampilan berpikir kritis tidak berpengaruh signifikan. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah: Hasil Belajar = 61,83868 - 0,7836582(Berpikir Kritis) + 3,009097(Kreativitas) + 3,384671(Kemampuan Kolaborasi). Model penelitian memiliki R-squared 11,46%, yang berarti variabel independen dapat menjelaskan 11,46% variasi hasil belajar, sedangkan 88,54% dipengaruhi faktor lain di luar model. Kesimpulan penelitian menekankan pentingnya pengembangan kreativitas dan kemampuan kolaborasi dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Ukur Tanah. Penelitian menyarankan fokus pada pengembangan strategi pembelajaran yang mendorong kreativitas dan kolaborasi, serta penelitian lanjutan dengan variabel independen tambahan.

Published

2025-01-09

How to Cite

Mustain, M., Suparji, S., & Wrahatnolo, T. . (2025). Pengaruh Keterampilan Berfikir Kritis, Kreatifitas, dan Kemampuan Kolaborasi terhadap Hasil Belajar Elemen Ilmu Ukur Tanah dengan Metode Project Based Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 319-324. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6598