Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Majalah Anak Bermuatan Kearifan Lokal Etnis Timor di Sekolah Dasar

Authors

  • Richard Oematan Universitas Persatuan Guru 1945 NTT, Indonesia
  • John Darwis Fallo Universitas Persatuan Guru 1945 NTT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6599

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis majalah anak bermuatan kearifan lokal etnis Timor di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Research and development) karena menghasilkan produk bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis majalah anak bermuatan kearifan lokal. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan langkah-langka; identidfikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Teknik dan instrument penelitian adalah analisis variabel penelitian, penenetapan jenis instrument, penyusunan kisi-kisi instrumen, penyusunan item instrumen, uji coba instrumen. Penelitian ini dilakukan melalui berbagai tahap. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Uji kelompok dilakukan terhadap siswa berjumlah 20 orang untuk mengukur respon siswa terhadap majalah anak bermuatan kearifan lokal Etnis Timor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar berbasis kearifan lokal etnis Timor di kelas IV adalah 61,29% kategori sangat baik, 16,12% kategori baik, 3,2% kategori cukup, 12,9% kategori tidak baik, dan, 6,45% sangat tidak baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan baha ajar berbasis kearifan lokal etnis Timor di kelas IV SD Inpres Nefotes adalah sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar majalah anak bermuatan kearifan lokal Etnis Timor berkategori sangat baik dan menarik sehingga siswa semangat belajar di kelas.

Published

2025-01-13

How to Cite

Oematan, R. ., & Fallo, J. D. . (2025). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Majalah Anak Bermuatan Kearifan Lokal Etnis Timor di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 935-941. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6599