Mendukung Siswa Belajar dari Rumah melalui Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Cerita Anak

Authors

  • Ady Saputra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.660

Keywords:

Development, Media, Cerita Anak, Belajar Dari Rumah

Abstract

Inisiatif pendidik dalam membuat media pembelajaran berbasis audio visual dapat berdampak terhadap semangat dan partisipasi belajar peserta didik dari rumah. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk media audio visual berbasis cerita anak yang valid dan praktis dalam mendukung siswa belajar dari rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan model ADD (Analysis, Design, and Development). Subjek penelitian ini adalah enam orang validator ahli yang tersebar atas 2 orang validator ahli media dan 2 orang validator ahli materi serta 2 orang validator ahli bahasa. Instrumen Pengumpulan Data menggunakan angket validasi produk untuk memperoleh data. Hasil penelitian yang diperoleh dari data validator ahli media mencapai presentase 87%, dan data validator ahli materi mencapai presentase 84% serta data validator ahli bahasa mencapai presentase 91%. Berdasarkan hasil tersebut maka, pengembangan media audio visual berbasis cerita anak dikategorikan sangat layak untuk digunakan dengan hasil kesimpulan sahih dan praktis digunakan untuk mendukung siswa belajar dari rumah.

Published

2022-06-18

How to Cite

Saputra, A. (2022). Mendukung Siswa Belajar dari Rumah melalui Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Cerita Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1964-1971. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.660