Implementasi Supervisi Kelas dalam Mewujudkan Kinerja Guru (Studi Multi Situs di SDN Anggaswangi 2 dan SDN Klagen Kabupaten Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6600Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pelaksanaan supervisi kelas yang dipimpin oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, dengan fokus pada studi kasus di SDN Anggaswangi 2 dan SDN Klagen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis melalui proses kondensasi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik di SMAN 2 Kota Sidoarjo dilakukan dengan metode kelompok dan individu, yang biasanya dijadwalkan di awal semester ganjil dan awal semester genap. Kinerja guru di SDN Anggaswangi 2 dan SDN Klagen di Kabupaten Sidoarjo masih perlu ditingkatkan, terutama dalam memastikan bahwa guru melaksanakan tanggung jawabnya secara efektif selama proses pembelajaran. Jadwal supervisi kelas yang terstruktur sangat membantu guru dalam mempersiapkan sesi supervisi tersebut. Selain itu, supervisor secara aktif melakukan tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi kelas untuk mendukung perbaikan yang berkelanjutan.